Jumat, 08 Oktober 2010

Sabtu, 17 Juli 2010 , 12:29:00
Pasirmukti, Desanya Siaga Narkoba (2)
Kerahkan Seratus Satgas, Monitoring Tiap Wilayah


Selain konsen mencegah penyebaran narkoba, terpilihnya Desa Pasirmukti sebagai Desa Siaga Narkoba, juga karena pemerintah dan masyarakatnya dinilai peduli pada program pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN).

Laporan: Rico Afrido Simanjuntak

Desa Pasirmukti, Kecamatan Citeureup, merupakan desa yang subur dan kaya akan panorama alam. Di desa itu, terdapat sebuah tempat wisata bernama Kebun Wisata Pasirmukti, yang digunakan untuk memberikan pengenalan dan pengetahuan pertanian bagi pengunjung, khususnya generasi muda Indonesia.

Siapa sangka, Desa Pasirmukti juga merupakan daerah yang peduli terhadap pencegahan dan penyebaran narkoba, yang diimplementasikan pada program P4GN. Tak heran, di desa itu terdapat sebuah posko pengamanan, bukan posko siskamling ataupun satpam, melainkan posko Desa Siaga Narkoba.

Posko tersebut berada di Kampung Pasirangin RT 03/04, Desa Pasirmukti, Kecamatan Citeureup, yang berfungsi sebagai pusat kegiatan pencegahan dan penyebaran narkoba.

Untuk menjalankan program tersebut, dibentuklah satgas narkoba. Dan sudah terpilih seratus personel. Pada hari peresmian Desa Siaga Narkoba pada 13 Juli lalu, para satgas yang merupakan relawan dari tiap desa se-Kecamatan Citeureup itu, langsung mendapat penyuluhan dari Badan Narkotika Provinsi (BNP) Jawa Barat.

Satgas tersebut akan bertugas mencegah peredaran narkoba di wilayah Pasirmukti, dengan mengadakan monitoring tiap wilayah. Kemudian, melaporkan perkara yang ditemukan ke pihak berwajib.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Bogor Nurhayanti, tingkat kerawanan penyebaran narkoba di Desa Pasirmukti, cukup tinggi. Karena dekat dengan ibukota Kabupaten Bogor dan Jakarta.

“Makanya, pencanangan dan pembinaan Desa Siaga Narkoba ini, diharapkan dapat meningkatkan imunitas warga, membangun jejaring masyarakat, serta mampu meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan kewaspadaan terhadap peredaran narkoba,” tuturnya. (ico)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar